Saturday, April 19, 2014

Definisi Penerjemahan


Definisi mengenai penerjemahan sangat bervariasi, banyak pakar penerjemahan memberikan definisi mengenai penerjemahan. Newmark (1981: 7) menyatakan bahwa translation is a craft consisting in the attempt to replace a written message and/or statement in one language by the same message and/or statement in another language. Dari definisi ini bisa disimpulkan bahwa penerjemahan adalah sebuah usaha untuk mengalihkan pesan secara tertulis dari bahasa satu ke dalam bahasa lain. Berikutnya, penerjemahan menurut Brislin (1976 dalam Nababan 1999: 19) merupakan suatu istilah umum yang mengacu pada pengalihan pikiran atau gagasan dari bahasa sumber (BSu) ke dalam bahasa sasaran (BSa). Bahasa yang dimaksud di sini dapat berupa bahasa lisan maupun bahasa tulis.

Kridalaksana mendefinisikan penerjemahan sebagai pemindahan suatu amanat dari bahasa sumber ke dalam bahasa sasaran dengan pertama-tama mengungkapkan maknanya dan kemudian gaya bahasanya (Kridalaksana dalam Nababan,2003: 20-21). Selanjutnya, Munday (2001:1) mendefinisikan penerjemahan sebagai “an act of communication which attempts to relay, across cultural linguistics boundaries, anaother act of communication which may have been intended for different purposes and different readers”. Dalam definisi ini Munday berpendapat bahwa penerjemahan merupakan sebuah tindak komunikasi yang berusaha menyampaikan pesan lintas bahasa dan budaya yang dimaksudkan untuk tujuan dan pembaca yang berbeda.

Dari uraian definisi-definisi di atas dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian penerjemahan secara sederhana adalah proses pengalihan pesan/makna dari bahasa sumber ke dalam bahasa sasaran. Oleh karena itu seorang penerjemah dituntut untuk dapat menyampaikan pesan yang terkandung di dalam bahasa sumber (BSu) ke dalam bahasa sasaran (BSa) dengan baik agar tidak ada makna yang tercecer dan tidak tersampaikan atau bahkan menyimpang dari maksud penulis bahasa sumber. Penerjemahan bukanlah sesuatu yang sederhana, bukan sebatas mengalihbahasakan dari bahasa sumber ke bahasa sasaran dan juga bukan pekerjaan yang bisa dilakukan oleh semua orang tanpa mempelajarinya dengan mendalam.

No comments:

Post a Comment